Mengenang Yun Hap: Mahasiswa UI yang Gugur di Tragedi Semanggi II 24 September 1999

Yan Yun Hap lahir di Pangkalpinang pada 17 Oktober 1977. Dia adalah anak pertama dari 3 bersaudara dari orang tuanya yang bernama Yap Pit Seng (meninggal tahun 2012) dan Hu Kim Ngo.

Yun Hap adalah putra kebanggaan keluaganya. Sejak masa sekolah dasar hingga menengah, Yun Hap menunjukkan prestasi akademiknya. Yun Hap menjadi mahasiswa Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tahun 1996. Yun Hap adalah pelopor di keluarganya yang berkuliah di UI.

Sejak kecil, Yun Hap dikenal sebagai seseorang yang memperhatikan kehidupan orang kecil dan terpinggirkan. Sebagai bagian dari mahasiswa Universitas Indonesia, dia aktif ikut dalam demonstrasi pada masa Reformasi.

Sehari sebelum tertembak, tanggal 23 September 1999, Yun Hap sempat pulang ke rumahnya di Tanjung Duren Timur, Jakarta Barat, sebelum ke kampus UI Depok. Keesokan harinya di pagi hari, ayahnya masih menerima telepon Yun Hap.

Kabar buruk tentang kematian putranya diterimanya pada malam hari bahwa putra kesayangannya Yun Hap meninggal saat ikut dalam demonstrasi menentang Undang-undang Penanggulangan Bahaya (UU PKB). Ayahnya sangat terpukul. Dalam wawancara dengan Kompas, beliau mengenang putranya:

“Yun Hap memang pintar. Saya harapkan anak saya bisa mengangkat nama saya. Biar bapaknya jadi kuli, jadi buruh. Anak yang diharapkan bisa mengangkat harkat dan derajat, kok jadinya begini…. Cita-citanya enggak sampai. Dia pernah bilang akan mati muda. Nggak tahu, kenapa dia bilang begitu,” (Kompas, 24/9/2019).

Saat itu kampus UI turut berduka. Dalam pidato pelepasan jenazah, Rektor UI saat itu, Prof Dr dr Asman Boedisantoso, memberikan pidato pelepasan jenazah Yun Hap di Balai Mahasiswa UI: “Meski tubuhmu terbujur kaku, namun semangatmu tetap ada di antara kami. Selamat jalan, kawan,” demikian Rektor UI (Kompas, 24/9/2019).

Dr. Yerry Wirawan adalah dosen Universitas Sanata Dharma, sejarawan dan juga mantan aktivis 98 di UI.

1 thought on “Mengenang Yun Hap: Mahasiswa UI yang Gugur di Tragedi Semanggi II 24 September 1999”

  1. In memoriam Pejuang Yap Yun Hap. Doakan penerus bangsa Indonesia 🇮🇩 selalu sehat dan utamanya bermental karakter dan watak kebangsaan yang baik dan benar tidak rasis diskriminatif, koruptif dan hypocrite agar dapat tercapai masyarakat adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia

    Reply

Leave a Reply