Tentang Kami

Tanggal 24 September 1999, ribuan mahasiswa dan rakyat melakukan aksi menentang UU Penanggulangan Keadaan Bahaya (PKB) yang akan mengembalikan militerisme di Indonesia.

Pecah pertempuran antara mahasiswa bersama rakyat berhadapan dengan aparat keamanan. Di Jakarta, 11 orang gugur tertembak dan 217 luka-luka. Di antara yang gugur adalah Yap Yun Hap, mahasiswa Fakultas Teknik UI, yang meninggal dengan luka tembak di dekat Universitas Atma Jaya.

Dulu puluh satu tahun berselang sejak peristiwa itu, kasus penembakan Kawan Yap Yun Hap tidak pernah selesai. Almarhum Yap Yun Hap dan keluarganya tidak pernah mendapatkan keadilan di negeri ini.

Karena prihatin dengan kondisi tersebut, kami yang berasal dari lintas-organisasi dan lintas-angkatan, membuat situs ini untuk mendorong penghormatan dan penegakan keadilan bagi Kawan Yap Yun Hap dan keluarganya yang telah menjadi martir perjuangan HAM dan demokrasi di Indonesia.

Di samping itu, situs ini juga bertujuan menjadi tempat pengarsipan berbagai data, catatan sejarah, kenangan personal, persepsi, dan analisa terkait perjuangan menegakkan keadilan untuk Kawan Yap Yun Hap.

Situs ini juga dikembangkan untuk menyatukan dan mengelola sumber daya yang diperlukan bagi pembangunan Memorialisasi Yap Yun Hap di Universitas Indonesia.

Secara strategis inisiatif-inisiatif kerjasama yang dihimpun di situs ini diharapkan dapat menjangkau khalayak masyarakat yang lebih luas, bukan hanya di Universitas Indonesia, khususnya terkait perjuangan menegakkan HAM dan mempertahankan serta memperdalam demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.